-11.2 C
New York
Sunday, February 5, 2023

Buy now

Wisata Bekas Bencana Alam Di Indonesia

Tempat wisata di Indonesia cukup beragam, mulai dari keindahan alamnya yang alami hingga buatan. Beberapa wisata yang akan dibahas kali ini memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki latar belakang dari sebuah sejarah bencana alamnya yang menjadi alasan tempat wisata ini ada. Inilah beberapa wisata bekas bencana alam di Idonesia:

1. Museum Mini Sisa Hartaku, DKI Yogyakarta

maps/Afni Nurul Aeni

Museum yang satu ini terletak di lereng Gunung Merapi yang merupakan sebuah tempat menjadi saksi bisunya bencana alam gunung merapi tahun 2010 lalu terjadi. Banyak mulai dari benda-benda sisa bencana alam hingga foto-foto saat kejadian benca tersebut berlangsung. Museum ini pasti akan memberi banyak pelajaran hidup dan hikmah yang bisa diambil bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Danau Toba, Sumatera Utara

maps/zolart.id

Danau yang indah dan luas ini merupakan danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang sekitar 100 km dan lebar 30 km. Dibalik keindahannya ternyata terbentuknya danau ini merupakan berasal dari sebuah bencana yang pernah terjadi sebelumnya yaitu letusan gunung berapi yang meletus sekitar 75.000 tahun yang lalu. Namun sekarang dananu ini telah menjadi objek wisata yang banyak diminati para wisatawan karena keindahannya.

Alamat: Sumatera Utara

3. Museum Tsunami Aceh

maps/Ressy no

Jika anda berkunjung ke Aceh terutama Jalan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, terdapat sebuah museum yang merupakan simbol untuk mengenang para korban tsunami Samudra Hindia tahun 2004. Dirancang oleh Ridwan Kamil, museum ini juga memiliki sarana sebagai tempat mitigasi tsunami. Di dalamnya merangkum bagaimana dahsyatnya tsunami yg melanda pada tahun 2004 dulu, sehingga para wisatawan bisa merasakan suasana ketika tsunami melanda aceh saat itu.

Alamat: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

4. Lumpur Lapindo, Sidoarjo

maps/faber doli

Bencana yang pernah terjadi Lumpur lapindo Sidoarja menenggelamkan 3 kecamatan diantaranya rumah penduduk, area pabrik dan masih banyak lagi. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2006, namun akhirnya kawasan ini menjadi tempat wisata bagi siapa saja yang ingin melihat dan mengenang kejadian bencana alam tersebut.

Alamat: Lumpur Lapindo, Renokenongo, Kec. Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

5. Gunung Tambora

maps/Randolfo Santos

Gunung Tambora tercatat pernah meletus pada tahun 1815 dan menjadi salah satu letusan gunung berapi paling kuat. Memiliki nilai sejarah dan keindahan tersendiri adalah daya tarik dari gunung ini, jika anda merasakan pengalaman mendaki tambora, anda akan menginginkannya lagi dan lagi. Karena keindahannya mulai dari proses mendaki hingga sampai dipuncaknya anda akan disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang indah dari berbagai sisi gunung.

Alamat: Kawinda Toi, Kec. Tambora, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat

6. Rumah Teletubis

maps/Yok jejalan!

Rumah teltubis merupakan bangunan yang diciptakan tahan terhadap gempa yang terwujud akibat peristiwa bencana alam gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta kala itu. Karena keunikan dari desa ini, banyak orang yang tertarik untuk melihat langsung keunikan dari desa ini sehingga dijadikanlah desa ini sebagai tempat wisata.

Alamat: Sengir RT.06/RW.25, Sengir, Sumberharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca juga: Wisata Indramayu, Rekomendasi Pantai Untuk Liburan Akhir Pekan

Jadi itu dia tempat wisata yang menarik karena merupakan wisata bekas bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia dalam kurung waktu hingga sudah cukup lama.

Related Articles

Latest Articles